Saturday, September 17, 2016

4 Hal Menarik Dari Game

                    Banyak sekali orang yang berpendapat tentang game. Ada yang mengatakan hal baik dan buruknya game. Menurut satu orang dengan orang yang lain tentu berbeda. Semua pendapat tidak ada yang salah. Semua adalah hasil buah pikir dari masing-masing individu. Akan tetapi, ketahuilah bahwa game lebih banyak memiliki hal yang menarik, diantaranya:

1.     Game Sebagai Hiburan Sehari-hari


            Hadirnya industri game tentu memiliki pendapat yang banyak dan berbeda-beda dari hasil buah pikir individu. Ada yang mengatakan bahwa game dapat menghilangkan stress. Saat seseorang suntuk dengan apa yang terjadi, game juga dapat sebagai pelampiasan perasaan yang ada pada diri. Game banyak hal yang tidak terduga sehingga bisa menambah ide. Game dapat sebagai refresensi kita untuk mencari ide. Pada game offline bisa melakukan apapun yang tidak bisa kita lakukan pada dunia nyata. Permainan di game juga membuat perasaan yang berubah-ubah. Jika menang akan senang, jika kalah akan kesal bahkan hingga tidak ingin memainkannya lagi. Game dikemas dengan menarik sehingga dapat menghibur pemain. Game casual yang simple juga bisa mengisi waktu luang. Semua genre game akan memberikan kesan tersendiri dari masing-masing individu.

2.      Menumbuhkan Rasa Saling Percaya Terhadap Teman Satu Tim


            Sebuah tim yang terdiri dari beberapa orang ini harus percaya bahwa teman akan selalu mendukung apa yang kita lakukan. Tidak ada teman satu tim yang menjatuhkan satu sama lain. Karena terbentuknya tim adalah keinginan dan tujuan dari tim itu sendiri untuk berkembang bersama. Teman akan ada pada saat dibutuhkan. Tim ini akan membutuhkan satu sama lain, dengan divisi dan kepentingan yang berberda-beda, akan tetapi jika sudah membentuk tim maka teman tim pasti membutuhkan teman-teman tim saat dibutuhkan. Rasa percaya tim ini akan semakin mengenal bagaimana menggunakan kombinasi tanpa harus berkomunikasi, karena masing-masing dari tim sudah mengenali satu sama lain. Kerja sama dengan rasa saling percaya akan menimbulkan ikatan batin yang sangat bagus. Ikatan tersebut dipakai dalam keseharian berkomunikasi dengan tim. Ikatan batin yang kuat, tidak akan mudah untuk tergoyahkan walaupun musuh mencoba merusak kombinasi kita. Kita tidak takut akan melakukan kesalahan dan mencoba hal baru karena percaya teman akan memaafkan dan memaklumi hal itu. Semua orang berhak belajar sesuatu yang baru meskipun hasilnya salah dan nantinya akan diperbaiki bersama-sama tim. Kita akan belajar untuk menjadi peka terhadap apa yang akan teman kita lakukan untuk melakukan kombinasi yang bagus. Seringnya komunikasi dan diskusi akan mengetahui keinginan dari masing-masing teman satu tim.

3.       Game Dapat Memberikan Pengalaman Baru dalam Belajar Sesuatu


            Menjadikan game sebagai media baru dalam pembelajaran daripada media konvensional. Banyak game yang bergenre pendidikan untuk anak-anak didik yang masih berkecimpung di dalam dunia pendidikan. Game sangat membantu untuk perkembangan anak di lingkup pendidikan. Pembelajaran dengan game memberikan hal yang lebih menarik dan interaktif. Kreatifitas tanpa batas tentu akan berkembang seiring berjalannya waktu. Game edukasi sudah banyak dikemas dengan kreatif dan menarik agar anak-anak didik dapat belajar dengan baik. User interface yang menarik anak didik untuk terus membaca dan mempelajari pelajarannya. Terlepas dari segi pendidikan, semakin banyak game yang dimainkan, semakin banyak strategi dan pola pikir yang kita pelajari. Semua game tentu memberikan keuntungan untuk kita dalam hal berpikir, memikirkan penyelesaian dari game yang akan dimanfaatkan di kehidupan nyata. Game juga dapat disebut sebagai pengganti guru dalam memberikan ilmu atau pelajaran. Game akan menuntun layaknya seorang guru yang membimbing pelajaran. Tampilan yang sangat menarik, berwarna, dan masih banyak lagi. Game edukasi bisa diisi dengan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum pendidikan yang sedang berlangsung.

4.      Game Adalah Alat Pencetak Uang Terbesar dalam Dunia Hiburan


            Orang-orang tentu akan mencari hal apa yang dapat menghasilkan sesuatu dan akan terus berkembang, salah satunya mengembangkan industri game. Seperti yang kita ketahui saat ini banyak orang-orang berbondong menghasilkan sebuah game untuk bahan bisnis mereka. Salah satu game developer terkenal di dunia dapat menghasilkan uang sebanyak 972 juta Euro. Ada juga game yang harganya murah akan tetapi jika yang membeli banyak juga akan menjadi banyak juga. Tergantung bagaimana kita memanajemen pemasaran game kita sendiri.


Bermainlah game sesuai dengan porsinya. Bersenang-senanglah, rasakan sensasinya. 

No comments:

Post a Comment