Saturday, September 17, 2016

Prediksi Game di Masa Depan

           Menurut beberapa prediksi game di masa depan, sebagai berikut:

1.       Konsol Game di Masa Depan akan Punah
            Seperti yang kita ketahui di dalam era zaman sekarang semua teknologi sudah berkembang sangat pesat. Semua yang dilakukan manusia bahkan dapat dilakukan dengan teknologi canggih. Buah bibir yang sedang booming di kalangan masyarakat dunia yaitu industri game. Industri game di seluruh dunia berusaha menciptakan dan mengembangkan terus game yang ada di dunia ini dengan kolaborasi teknologi-teknologi yang canggih. Teknologi yang seperti kita ketahui dari dahulu kala dalam bentuk konsol dengan banyak tombol sesuai dengan kegunaannya masing-masing untuk bermain game. Meskipun sekarang masih banyak yang menggunakan konsol untuk bermain game, akan tetapi seiring berkembangnya waktu akan semakin berkurangnya konsol-konsol itu. Masa depan yang akan datang, tidak ada game konsol berbentuk fisik. Jika dahulu hingga sekarang banyak yang memakai konsol fisik, untuk ke depannya bukan berbentuk hardware seperti joystick lagi, ataupun yang lainnya. Maksud tidak berbentuk fisik juga tentunya tidak akan ada kabel dan listrik. Konsol juga tidak dengan sentuhan lagi, maksudnya jika joystick dahulu dipegang untuk ke depannya tidak. Dahulu konsol juga digunakan untuk dua orang yang bermain battle dan bermainnya bersebelahan, untuk kedepannya tidak untuk dibuat battle dan tidak bersebelahan dengan tempat yang sama.  Konsol yang berbentuk fisik tersebut akan digantikan dengan ponsel atau smartphone yang sesuai dengan grafis menarik dalam game. Manusia sudah dapat membawa ponsel kemana-mana tanpa membawa konsol jika ingin bermain game. Masa depan yang akan datang akan menggunakan teknologi streaming. Teknologi ini sesuai dengan keadaan individu di era sekarang yang banyak menggunakan internet di dalam kehidupannya. Manusia yang satu dengan yang lain hanya bertatap muka di layar jika ingin bermain game di ponsel. Komunikasi jika seseorang melakukan streaming yaitu dengan tulisan (chat) ataupun pervakapan melalui headphone. Streaming juga tidak membawa barang-barang hardware yang memberatkan manusia, hanya dengan membawa ponsel yang sangat mudah di bawa kemana saja. Kegiatan itu juga dapat berkolaborasi dan bermain dengan banyak orang di belahan dunia manapun. Streaming yang berlangsung di sebuah ponsel dapat dilakukan di mana saja. Konsol di masa depan masuk permainan melalui monitor. Saat bermain game dapat dilakukan di mana saja hanya dengan menatap layar monitor pada komputer tanpa menggunakan konsol yang berlebihan. Pemain yang satu dapat dengan mudah berkomunikasi dengan pemain lain. Bermainnya dengan ada listrik dan hardware komputer seperti keyboard dan mouse. Permainan di monitor juga pasti banyak orang-orang yang memainkannya dan dengan monitor kebutuhan pemain banyak yang sudah ada di monitor.

2.       Gambaran Dunia Industri Game di Masa Depan
            Buah bibir dunia memang terletak pada industri game. Banyak developer mengembangkan game mereka agar dapat bersaing dengan game di dunia. Gambaran ke depannya tentu hardware berupa ponsel atau smartphone yang canggih dapat menjalankan game dengan grafis yang super tinggi dan detail. Seperti yang kita ketahui juga jika ponsel sangat fleksibel digunakan dan tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Semakin ke depan tentu tampilan game yang ada akan semakin menarik dengan grafis yang detail. Jika sebuah game memiliki grafis yang baik dan detail tentu akan sangat menarik banyak peminat yang ingin memainkannya. Ponsel yang bagus dengan data yang bagus dan cepat akan sangat membuat jelas dan tidak membingungkan user saat menggunakannya di permainan. Bermain game tentu banyak sekali interaksi manusia dengan alat-alat elektronik. Konsol portable akan digantikan dengan ponsel. Jika dengan ponsel akan sedikit tombol yang digunakan. Metode yang digunakan sangat mudah hanya dengan menyentuh (touchscreen) layar ponsel. Tidak memberatkan jika dengan menggunakan ponsel sebagai medianya. Tidak juga memerlukan kabel dan listrik yang banyak. Tidak memerlukan monitor saat menjalankannya dan tidak perlu berada di tempat yang sama. Industri game masa depan pada game online sebagai pesaing berat bagi game offline. Masa depan yang akan datang akan lebih banyak meminati game online karena manusia sangat bergantung dengan internet. Hampir di segala sisi aspek manusia menggunakan internet. Developer juga mengambil game online karena tentunya dapat digunakan sebagai lading peluang investasi. Game online ini menguntungkan karena pemain dapat berinteraksi dengan pemain lain di penjuru dunia.

3.      Masa Depan Gemilang Game Komputer
            Game komputer di dunia sekarang telah berkembang dengan pesatnya. Teknologi yang disajikanpun berbeda-beda. Masa depan yang akan datang, pasar game akan terus melampaui keuntungan dari pasar film. Dari segi pemasarannya pun tentu berbeda. Banyak cara yang diusung dalam pemasaran masing-masing pembuatan. Kemasan yang menarik akan membuat pangsa pasar untuk tertarik. Pasar game sangat bergantung juga pada internet sebagai kebutuhan manusia zaman sekarang. Game saat ini tentu sebagai media hiburan yang sangat menarik sehingga banyak peminatnya. Game juga metodenya langsung berinteraksi dengan tokoh di dalam gamenya. Berbeda dengan film, orang-orang tidak dapat berinteraksi langsung dengan tokoh pemainnya. Berkembangnya waktu yang serba canggih ini, citra game komputer sudah berubah. Banyak yang menyatakan respon positif mereka dan dampak yang ditimbulkannya pun membaik. Game komputer juga mencakup banyak usia, tidak hanya anak-anak tetapi orang dewasapun turut ikut menikmatinya. Game komputer juga mengglobal di dunia tidak peduli dari Negara manapun dan kasta apapun, semua bermain dengan senangnya. Masa depan, game komputer akan menjadi media utama remaja. Media tentu memberikan keuntungan dalam hal interaksi, kita dapat berinteraksi dengan sangat bebas. Media yang digunakan tidak terbatas ruang dan waktu. Remaja dapat mengembangkan sesuatu dengan peluang yang ada dengan game komputer. Menariknya game komputer juga menarik minat remaja untuk memainkannya dan sebagai wadah remaja untuk menghibur diri.

Bagaimanapun dan seperti apapun bentuk game di masa depan, semoga menjadi lebih baik dengan dampak yang ditimbulkan. Masih tetap berperan aktif untuk perkembangan pembelajaran anak-anak didik dengan teknologi yang lebih baik pula.

No comments:

Post a Comment